MEMILIH HAND GLOVE YANG TEPAT, BAHAN LATEX ATAU NITRILE ?



MEMILIH HAND GLOVE YANG TEPAT, BAHAN LATEX ATAU NITRILE ? 

Sebelum kita memutuskan untuk memilih hand glove mana yang cocok, mari kita pelajari dulu bahan utama pembuat sarung tangan tersebut.

A. LATEX


Bahan latex terbuat dari karet alam berasal dari pohon karet, sifatnya elastis dan pas mengikuti lekuk tangan. Pada sebagian orang yang alergi terhadap karet alam, menggunakan glove bahan latex ini bisa mengakibatkan gatal-gatal dari ringan sampai berat, apalagi jika dipakai terus menerus. Disamping itu pula ketahanan bahan latex terhadap bahan kimia juga kurang baik.

Kita akan menjumpai glove bahan latex ada yang powder ( bedak ) dan non powder. Tujuan dari pemakaian powder adalah agar mempermudah proses produksi dan bagi user akan mempermudah dalam hal memakai dan melepasnya. Namun disarankan untuk memiih yang non powder untuk dipakai dipekerjaan yang berhubungan dengan kesehatan/kedokteran, pengolahan makanan.
Contoh hand glove berbahan latex adalah SENSI LATEX GLOVE

B. Nitrile


Merupakan polimer sintetis berkarakteristik latex karet alam, bebas protein latex sehingga tidak menimbulkan alergi. Sarung tangan bahan nitrile ini melindungi lebih baik daripada latex terhadap bahan kimia dan biohazard, 3x lebih tahan terhadap objek tajam dan tidak mudah robek.

Glove bahan nitrile inipun memiliki daya simpan yang lebih lama dari latex namun sayangnya bahan nitrile adalah non biodegradable, tidak mudah terurai ditanah, tidak ramah lingkungan.

Kita akan menjumpai produk glove nitrile ini ada yang bahannya tebal ada yang tipis dan ada kita jumpai yang memakai embos grip pada tapaknya. Untuk dipakai di industri, yang berbahan tebal boleh untuk pilihan. Sementara untuk pemakaian ringan seperti di lab, bahan tipis dan ada gripnya merupakan pilihan yang cocok.
Contoh dari glove nitrile adalah RUBBEREX NITRILE GLOVES

0 komentar:

Posting Komentar