MENGAPA BAJU PEMADAM ITU TAHAN API ?


MENGAPA BAJU PEMADAM ITU TAHAN API ?





Perlengkapan paling vital bagi seorang petugas pemadam kebakaran adalah baju pemadam kebakaran, karena benda inilah yang dipakai oleh petugas  masuk ke lokasi kebakaran untuk menyelamatkan para korban atau memadamkan api. Baju inilah yang melindungi petugas dari kobaran api.

Ada bahan khusus yang dipakai sebagai bahan baju pemadam yang memiliki sifat tahan panas, tahan api. Apa saja bahan itu ? berikut ulasannya

1. Serat Asbes
Baju pemadam kebakaran dahulunya memakai serat asbes yang dapat dipintal. Karena sifatnya yang tahan api maka serat ini dipakailah sebagai bahan baju pemadam kebakaran. Namun bahayanya adalah serat ini jika terhirup terus menerus dapat memicu terjadinya penebalan selaput paru dan juga memicu terjadinya kanker.

2. Aramid
Aramid adalah sejenis serat sintetis  yang tahan temperatur tinggi dan kuat sehingga dipakai untuk menggantikan bahan serat asbes yang membahayakan kesehatan.

3. Nomex
Serat nomex tahan terhadap nyala api dan memiliki titik leleh yang tinggi sehingga serat ini sangat cocok sebagai  bahan baju pemadam kebakaran. Serat nomex juga kita kenal dengan nama meta-armid.

Saat ini jutaan petugas pemadam kebakaran memakai baju pemadam kebakaran dari bahan nomex, contohnya adalah baju tahan panas nomex by OSW yang dibuat dari bahan nomex berkualitas tinggi.

0 komentar:

Posting Komentar